PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGURANGI BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA MI MA’ARIF SRATEN

Astuti, Wulan Puji (2022) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGURANGI BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA MI MA’ARIF SRATEN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Wulan Puji Astuti PGMI 23040180023-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Astuti, Wulan Puji. 2022. Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mengurangi Bermain Game Online Pada Siswa MI Ma’arif Sraten. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru; Peran Orang Tua; Mengurangi Bermain Game Online Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam mengurangi kegiatan bermain game online pada siswa MI Ma’arif Sraten. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV-VI dan enam orang tua siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, peran guru dalam mengurangi kegiatan bermain game online pada siswa di MI Ma’arif Sraten yaitu sebagai pendidik, pembimbing, penilai dan evaluator. Tindakan guru dalam mendidik yaitu menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan game online, menjelaskan dampak bermain game, melakukan pengarahan, memanfaatkan media aplikasi WhatsApp dan hasil nilai ujian siswa. Tindakan guru dalam membimbing yaitu menegur, melakukan bimbingan pada siswa dan orang tua siswa, serta memberikan tugas tambahan. Tindakan guru dalam melakukan penilaian dan evaluasi yaitu mengamati hasil nilai dan sikap siswa, menasihati, memberi reward dan melaporkan siswa pada orang tuanya. Kedua, peran orang tua mengurangi kegiatan bermain game online pada siswa di MI Ma’arif Sraten yaitu sebagai pendidik, pengasuh dan pembimbing. Tindakan guru dalam mendidik yaitu menjelaskan dampak dan hal-hal mengenai game, mengimbau anak agar fokus belajar, menjelaskan hak dan kewajiban pelajar, membatasi durasi waktu, mengarahkan kegiatan anak, memasang kunci layar HP, mengajak jalan-jalan, memberi reward dan memperlihatkan video efek negatif game. Tindakan guru dalam mengasuh yaitu menasihati dan mengingatkan anak, mendukung anak untuk bermain di luar rumah, mengajak berjalan-jalan, memberikan kesempatan bercerita, memberikan sesuatu yang diinginkan anak, dan mengondisikan waktu. Tindakan guru dalam membimbing yaitu memberikan nasihat agar anak mengurangi bermain game, memberikan penjelasan mengenai dampak negatif bermain game serta mengarahkan anak melakukan kegiatan lain.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 21:27
Last Modified: 06 Sep 2022 14:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item