abid, Ainu syam al (2022) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA MTS NEGERI NAHDHOTUL ULAMA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI AINU SYAM AL ABID 23010170296 (1).pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Al Abid, Ainu Syam, 2021. Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Dan Sikap Patriotisme Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdhotul Ulama Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Muhamad Rozikan, M.Pd Kata Kunci : Moderasi Beragama; Sikap Patriotisme Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama dan sikap patriotisme pada siswa di MTs NU Salatiga dan bagaimana variasi moderasi beragama dan sikap patriotisme mereka. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam peneliti adalah 1) bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama pada siswa di MTs NU Salatiga 2) bagaimana implementasi pendidikan sikap patriotisme pada siswa di MTs NU Salatiga 3) bagaimana variasi moderasi beragama siswa di MTs NU Salatiga 4) bagaimana variasi sikap patriotisme siswa di MTs NU Salatiga. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan metodenya menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik gabungan antara teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kueisener atau angket. Hasil penelitian ini ditujukan dengan melihat visi-misi madrasah, kurikulum yang digunakan, muatal lokal dalam struktur kurikulum, serta konten KI dan KD mata pelajaran PAI, muatan lokal Ke-NU-an, mata pelajaran PKn, diperoleh temuan bahwa MTs NU sebagai salah satu madrasah dibawah naungan Kementerian Agama telah mengimplementasikan pendidikan moderasi beragama dan sikap patriotisme sesuai regulasi yang sedang digulirkan Kementerian Agama. Implementasi pendidikan moderasi beragama dan sikap patriotisme di MTs NU Salatiga disamping sudah include didalam kurikulum juga dilaksanakan secara hidden kurikulum yakni melalui kegiatan pengembangan diri berupa pembiasaan sehari hari, kegiatan pengajian dalam rangka PHBI dan PHBN, dan juga dengan menciptakan lingkungan yang memungkinkan tumbuh berkembangnya moderasi beragama dan sikap patriotisme.Adapun moderasi beragama dan sikap patriotisme siswa MTs NU bervariasi. Variasi moderasi beragama siswa MTs NU 39 % sangat moderat, 55 % moderat dan 6% kurang moderat, sedangkan variasi sikap patriotisme mereka 45% sangat patriotis, 51% cukup patriotis dan 4 % kurang patriotis.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 14:16 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 09:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14750 |
Actions (login required)
View Item |