PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IMAN KALIKUTO KABUPATEN MAGELANG

Rohmawati, Agustina (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IMAN KALIKUTO KABUPATEN MAGELANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AGUSTINA ROHMAWATI 23040180077 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rohmawati, Agustina. 2022. Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kompetensi Sikap Spiritual Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Kalikuto Kabupaten Magelang. Skripsi Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci : Problematika Guru, Implementasi Kompetensi Sikap Spiritual Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apa saja problematika guru dalam mengimplementasikan kompetensi sikap spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Kalikuto Kabupaten Magelang. 2) mengetahui cara mengatasi problematika guru dalam mengimplementasikan kompetensi sikap spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Kalikuto Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini adalah guru kelas IV, guru kelas V, guru kelas VI. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan : 1) Problematika guru dalam mengimplementasikan kompetensi sikap spiritual dalam perencanaan pembelajaran guru masih kesulitan ketika memilih nilai spiritual yang cocok dengan materi, guru kesulitan dalam membuat contoh sikap spiritual dan kurangnya referensi. Kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu guru masih kesulitan ketika siswa kurang fokus, kurang konsentrasi, pemahaman siswa yang berbeda-beda dan sulit mengondisikan kelas. Kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran yaitu guru kesulitan ketika kekurangan waktu/ alokasi waktu terbatas saat proses evaluasi. 2) Cara mengatasi problematika guru dalam mengimplementasikan kompetensi sikap spiritual dalam perencanaan pembelajaran yaitu guru memilih materi yang banyak kaitannya dengan sikap spiritual dengan mencari referensi dari internet, bertukar pendapat dengan guru lain, dan mencari contoh sikap spiritual yang ditemui setiap hari. Cara mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pendampingan dengan anak dalam kegiatan pembiasaan keagamaan dimaksimalkan, memberi contoh sikap spiritual yang konkrit dan memberi reward kepada siswa. Cara mengatasi kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan sarana, menambah waktu di luar pelajaran, komunikasi dan kerja sama antar guru dan wali murid.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:47
Last Modified: 07 Sep 2022 20:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item View Item