PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI AYYUBIYAH MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII E MTs AL IMAN 02 BULUS KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022

Mas'adah, Niafi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DINASTI AYYUBIYAH MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII E MTs AL IMAN 02 BULUS KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Niafi Mas'adah 23010180201.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mas’adah, Niafi. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Ayyubiyah Menggunakan Metode Jigsaw dan Make a Match pada Siswa Kelas VIII E MTs Al-Iman 02 Bulus Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Jigsaw dan Make a Match Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan yang hendak dicapai, yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan metode Jigsaw dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Ayyubiyah siswa kelas VIII E MTs Al- Iman 02 Bulus Purworejo tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data, yaitu dengan observasi, tes pada akhir siklus, dan dokumentasi selama penelitian dilakukan. Instrumen penelitiannya berupa soal evaluasi siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan RPP sebagai pedoman penelitian. Proses analisis data dilakukan melalui perhitungan hasil belajar akhir dari setiap siklus dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Jigsaw dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII E MTs Al-Iman 02 Bulus Purworejo. Hal ini dibuktikan hasil prasiklus diperoleh data dari 30 siswa yang mencapai KBM sebanyak 14 siswa atau 46,7%. Pada siklus I yang mencapai KBM sebanyak 20 siswa atau 66,7%. Pada siklus II yang mencapai KBM sebanyak 28 siswa atau 93,3%. Dengan demikian, hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,6%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2022 18:02
Last Modified: 09 Sep 2022 11:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item View Item