PENANAMAN SIKAP TA’AWUN DAN SOPAN SANTUN SISWA DI MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Fitroh, Masrifatul (2022) PENANAMAN SIKAP TA’AWUN DAN SOPAN SANTUN SISWA DI MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MASRIFATUL FITROH_23010180182.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitroh, Masrifatul. 2022. Penanaman Sikap Ta’awun dan Sopan Santun Siswa di MTs Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M. Pd. Kata Kunci: Penanaman Sikap, Ta’awun dan Sopan Santun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman sikap ta’awun dan sopan santun siswa di MTs Al Bidayah yaitu: 1) Bagaimana penanaman sikap ta’awun dan sopan santun pada siswa di MTs Al Bidayah Candi Bandungan 2) Faktor pendukung dalam menanamkan sikap ta’awun dan sopan santun siswa di MTs Al Bidayah Candi Bandungan 3) Faktor penghambat dalam menanamkan sikap ta’awun dan sopan antun siswa di MTs Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala MTs Al Bidayah, beberapa guru dan siswa MTs Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara atau interview, observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari para informan, mereduksi data sesuai dengan kebutuhan penelitian, selanjutnya dianalisis oleh peneliti dan berakhir dengan disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dalam menanamkan sikap ta’awun dan sopan santun pada siswa di MTs Al Bidayah Candi Bandungan meliputi Keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengkondisian juga dengan pemberian hadiah dan hukuman. Tidak terlepas dari itu semua yang diberikan oleh guru termasuk dalam penanaman sikap ta’awun dan sopan santun. 2) Faktor pendukung penanaman sikap pada siswa yaitu dimulai dari kesadaran diri untuk bersikap dan berperilaku yang baik, kemudian dari ajakan guru maupun teman-teman sebaya, kemudian dari lingkungan masyarakat sekitar sekolah maupun sekitar rumah dan sarana dan prasarana di sekolah yang menunjang kegiatan penanaman sikap di sekolah. 3) Faktor penghambat dari penanaman sikap pada siswa yaitu faktor dari dalam diri siswa sendiri untuk bersikap dan berbuat baik, juga faktor dari luar yang meliputi beberapa macam seperti dari orang tua yang sibuk, pergaulan yang kurang baik, juga media sosial yang membuat siswa menjadi susah dikontrol dalam perkembangannya juga dari faktor lingkungan sekitar siswa yang menjadi faktor penghambat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2022 21:23
Last Modified: 12 Sep 2022 12:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item