STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Pada ISSI Tahun 2017-2021)

, Novi Selviana (2022) STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Pada ISSI Tahun 2017-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
63040180003 - NOVI SELVIANA - Agustus - 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meguji secara empiris pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini adalah 11 perusahaan industri barang konsumsi yang tercatat di ISSI dari tahun 2017 hingga 2021. Data diperoleh dari laporan keuangan serta laporan tahunan yang diterbitkan perusahaan melalui website masing-masing perusahaan. Data diolah menggunakan Eviews 12 dengan menggunakan metode analisis regresi data panel dengan perhitungan kuantitatif meliputi uji t, uji F dan uji analisis jalur atau path analysis. Hasil penelitian menunjukan struktur modal secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan dan ISR secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas secara parsial berpengaruh secara positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal secara parsial tidak berpengaruh terhadap ISR, ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap ISR dan profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ISR. Kemudian pada uji F menunjukkan bahwa struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan ISR secara simultan mempengaruhi nilai perusahaan. Sedangkan hasil path analysis menunjukkan ISR tidak mampu memediasi pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2022 17:45
Last Modified: 13 Sep 2022 09:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item View Item