AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA DALAM PROSESI RITUAL SEDEKAH BUMI (STUDI DI DESA WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN)

muyassaroh, Ni'matin (2022) AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA DALAM PROSESI RITUAL SEDEKAH BUMI (STUDI DI DESA WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi ni'matin muyassaroh fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ni’matin Muyassaroh (2022). Akulturasi Islam Dan Budaya Jawa Dalam Prosesi Ritual Sedekah Bumi (Studi Di Desa Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan). Skripsi. Salatiga: Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, IAIN Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi pelaksanaan dan makna ritual tradisi Sedekah Bumi serta akulturasi Islam dan budaya Jawa yang ada dalam prosesi ritual tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teori akulturasi menurut Kontjaraningrat. Pada hakikatnya penelitian ini menggambarkan secara utuh kondisi yang terjadi dalam masyarakat dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui beberapa hal yaitu dalam prosesi ritual sedekah bumi dilaksanakan pada bulan apit di setiap tahun. Ritual Sedekah Bumi dimulai dengan pembacaan yasin dan tahlil, slametan, pagelaran tayub, dan arak-arakan. ritualritual tersebut diharapkan dapat memberikan keselamatan dan dapat terhindar dari musibah. Secara umum ritual sedekah bumi ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Sementara dalam setiap prosesi memiliki makna yang berbeda, seperti dalam prosesi pembacaan yasin dan tahlil dimaksudkan untuk mendoakan para leluhur, dalam prosesi slametan dimaksudkan sebagai tolak balak, prosesi pagelaran tayub dimaksudkan untuk menciptakan suasana harmoni dalam masyarakat dan Prosesi arak-arakan dengan membagikan hasil bumi dimaknai sebagai sedekah proses akulturasi Islam dan budaya Jawa terlihat pada prosesi pembacaan yasin dan tahlil yang bertujuan untuk mendoakan para leluhur. Kata Kunci: Akulturasi, Tradisi, Sedekah Bumi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2022 19:46
Last Modified: 12 Sep 2022 13:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item View Item