UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUBTEMA 1 MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III A SEMESTER 2 MIN 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wulandari, Evi Tri (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUBTEMA 1 MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III A SEMESTER 2 MIN 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
EVI TRI WULANDARI 23040180039 PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar Bahasa Indonesia di MIN 8 Boyolali masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM 70. Hal ini dikarenakan guru kurang aktif dalam menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan metode examples non examples berbantu media gambar seri pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia tema 7 subtema 1 materi menulis karangan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III A semester 2 MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia tema 7 subtema 1 materi menukis karangan sederhana menggunakan metode examples non examples berbantu media gambar seri pada siswa kelas III A semester 2 MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A MIN 8 Boyolali yang berjumlah 20 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data analisa secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode examples non examples dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik muatan bahasa Indonesia tema 7 subtema 1 materi menulis karangan sederhana pada siswa kelas III A semester 2 MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari data per siklus, sebagai berikut: hasil pra siklus 30% (6 siswa) tuntas, sedangkan 70% ( 14 siswa) tidak tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 50% (10 siswa) tuntas, sedangkan 50% (10 siswa) tidak tuntas KKM. Pada siklus II 90% (18 siswa) tuntas, sedangkan 10% (2 siswa) tidak tuntas KKM. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat 20% dan dari siklus I ke siklus II meningkat 40%. Siswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 70 dari siswa keseluruhan mencapai 90%. Siklus ini dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan individual dan klasikal ≥ 85% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas akan diberikan remidial.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2022 16:11
Last Modified: 14 Sep 2022 09:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item