Implementasi Pendidikan Inklusif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2021/2022

Khosiyatika, (2022) Implementasi Pendidikan Inklusif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
KHOSIYATIKA Skripsi Fixs.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khosiyatika. 2022. Implementasi Pendidikan Inklusif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Nur Hasanah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan program pendidikan inklusif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Kec. Kartasura Kab. Sukoharjo, (2) pelaksanaan program pendidikan inklusif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Kec. Kartasura Kab. Sukoharjo, (3) evaluasi pendidikan inklusif MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Kec. Kartasura Kab. Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatannya menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber primer yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, koordinator inklusif dan guru pendamping khusus. Sumber sekunder yang diperoleh peneliti berupa data tertulis profil MI Muhammadiyah PK Kartasura dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pendidikan inklusif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) proses perencanaan pendidikan inkluisif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, dimulai dari penentuan kuota anak berkebutuhan khusus, assessment, menentukan Guru Pendamping Khusus (GPK) dan pembuatan Program Pembelajaran Individu (PPI). (2) Pelaksaanaan pendidikan inkluisif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, menggunakan 2 model yaitu model inklusi penuh dikelas (full inclusion) dan model inklusi diluar kelas (pull out) dengan menerapkan kurikulum 2013 revisi yang dimodifikasi. (3) Evaluasi pendidikan inkluisif di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, diawali dengan evaluasi perkembangan yang dilakukan 3 bulan sekali dan evaluasi kognitif siswa dilakukan 6 buan sekali dan evaluasi GPK diakhir semester . Kata Kunci : Implementasi; Pendidikan Inklusif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2022 17:46
Last Modified: 15 Sep 2022 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item