PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KURNIAWAN, WAHID (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAKAR WAHID.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurniawan, Wahid. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SDN Nogosaren Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rasimin, S. PdI., M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Sumber Daya Alam, dan metode STAD Dalam suatu pembelajaran, kegiatan belajar mengajar tidak cukup hanya bertujuan menstranfer ilmu atau berceramah saja sebagai model dalam mengajar, seorang guru harus mempunyai skill dan model-model pembelajaran yang menyenangkan supaya bisa membuat peserta didik tidak bosan supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan efektiv dan efisien. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Nogosaren tahun pelajaran 2015/2016. Apakah penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam bagi siswa kelas IV semester I SDN Nogosaren, Kec. Getasan, Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV semester I SDN Nogosaren, Kec. Getasan, Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan prosentase peningkatan pada prasiklus sebanyak 11 siswa atau sebesar 44%, siklus I sebanyak 17 siswa atau sebesar 68%, dan siklus II sebanyak 22 siswa atau sebesar 88%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS sebanyak 20 siswa atau sebesar 44%; dan penggunaan metode STAD dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dari rata-rata pra siklus 58,4, siklus I sebesar 72,2, dan siklus II sebesar 78,5, serta dapat melampaui KKM sebesar 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 02:27
Last Modified: 12 Apr 2017 02:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item