PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENELADANI RASUL ULUL AZMI MELALUI METODE POINT COUNTER POINT DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NU 19 PROTOMULYO KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022

ROHMAH, KHAFIDLOTUR (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENELADANI RASUL ULUL AZMI MELALUI METODE POINT COUNTER POINT DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NU 19 PROTOMULYO KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripswwwt NEW.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rohmah, Khafidlotur. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Meneladani Rasul Ulul Azmi Melalui Metode Point Counter Point dan Media Animasi Pada Siswa Kelas VIII di MTs NU 19 Protomulyo Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar: Akidah Akhlak: Point Counter Point: Animasi: Meneladani Rasul Ulul Azmi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar akidah akhlak pada materi meneladani rasul ulul azmi melaui metode Point Counter Point dengan media animasi pada siswa kelas VIII di MTs NU 19 Protomulyo Kendal tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah metode Point Counter Point dengan media animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Point Counter Point dipadukan dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran akidah akhlak materi meneladani rasul ulul azmi siswa kelas VIII di MTs NU 19 Protomulyo Kendal tahun ajaran 2021/2022. Pada saat pembelajaran pra siklus peserta didik yang tuntas 11 siswa dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 44,0. Pada penelitian siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 77,4. Selanjutnya pada penelitian siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 81,8.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:08
Last Modified: 19 Sep 2022 19:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item