UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA DENGAN METODE MIND MAPPING DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELAS XI DI MAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022

ni'mah, Khoirun (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA DENGAN METODE MIND MAPPING DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELAS XI DI MAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Khoirun Ni'mah_23010180112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan materi Menghindari Akhlak Tercela pada siswa kelas XI IPS 3 MAN Purworejo. Penelitian yang digunakan oleh peneliti pada saat melaksanakan penelitian yaitu Penilaian Tindakan Kelas (PTK). yang pelaksanaannya terbagi menjadi dua siklus dan masing-masing dari setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian disini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 MAN Purworejo deng jumlah peserta didik 34 dengan 14 orang jumlah peserta didik laki-laki dan 20 orang peserta didik perempuan. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) metode pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut digunakan metode pembelajaran Mind Mapping dan model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selanjutnya setelah diterapkannya metode dan model pembelajaran tadi didapatkan sesuai dengan indeks keberhasilan yang sudah ditetapkan. Hasil belajar pada tahap pra siklus dari jumlah 34 peserta didik yang tuntas hanya 14 orang (41,17 %) dan 20 orang (58,82 %) peserta didik yang belum tuntas, dan dengan nilai rata-rata kelasnya 70. Hasil belajar pada siklus I dari jumlah 34 peserta didik yang tuntas hanya 19 orang (55,88 %) dan 15 orang (44,11 %) peserta didik yang belum tuntas, dan dengan nilai rata-rata kelasnya 74,70. Hasil belajar pada siklus II dari jumlah 34 peserta didik yang tuntas yaitu 29 orang (85,29 %) dan 5 orang (14,70 %) peserta didik yang nilainya belum tuntas, dan dengan nilai rata-rata kelasnya 86,29. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan metode Mind Mapping dan model Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 MAN Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2022 17:47
Last Modified: 22 Sep 2022 11:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14862

Actions (login required)

View Item View Item