Turnitin Development of Video-Based on Contextual Teaching and Learning Electric Energy Subtheme

M.Hum, Rifqi Aulia Erlangga, (2022) Turnitin Development of Video-Based on Contextual Teaching and Learning Electric Energy Subtheme.

[img] Text
turnitin mudarisa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui implementasi video Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Energi Listrik pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan langkah-langkah ADDIE. ADDIE adalah model yang terdiri dari lima langkah yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Kajian menyimpulkan bahwa: 1) Menganalisis segala sesuatu yang diperlukan dalam pengembangan, 2) Perancangan kerangka video CTL baik tata letak maupun tampilan, 3) Pengembangan bahan ajar video CTL mulai dari pengumpulan materi, persiapan, validasi, revisi, dan produksi CTL video, 4) Implementasi video CTL dalam pembelajaran, 5) Evaluasi video CTL yang digunakan ditinjau dari keefektifan, kepraktisan, dan daya tariknya dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa Madrasah Ibtidaiyah Siti Sulaechah Semarang Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. SPSS 16 digunakan untuk analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1) guru membutuhkan video pembelajaran yang inovatif, menarik, dan dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa; 2) bentuk pengembangan berupa video CTL melalui tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi; dan 3) Video Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan sikap lingkungan (uji-t sampel berpasangan, = 0,00 < 0,05).

Item Type: Article
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2022 22:08
Last Modified: 22 Sep 2022 22:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item