INTERNALISASI AKHLAK KEPADA SESAMA MELALUI METODE CERITA DAN TANYA JAWAB PADA SANTRI TPQ AL-IKHLAS DI PUSAT HIBURAN MALAM SARIREJO, KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA TAHUN 2022

, Wildan Nur Hidayat (2022) INTERNALISASI AKHLAK KEPADA SESAMA MELALUI METODE CERITA DAN TANYA JAWAB PADA SANTRI TPQ AL-IKHLAS DI PUSAT HIBURAN MALAM SARIREJO, KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS WILDAN NUR HIDAYAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wildan Nur Hidayat. Internalisasi Akhlak Kepada Sesama Melalui Metode Cerita Dan Tanya Jawab Pada Santri TPQ Al-Ikhlas Di Pusat Hiburan Malam Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Kecamatan Sidorejo Lor Kota Salatiga Tahun 2022. Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2022. Pembimbing: Dr. Ruwandi M.A. Kondisi TPQ yang terletak di pusat hiburan malam menimbulkan kekhawatiran terjadinya perubahan moral pada anak-anak. Penanaman akhlak melalui metode cerita dilakukan agar anak tidak terjerumus dan terpengaruh efek negatif dari keberadaan tempat hiburan malam, serta anak dapat meniru perbuatan baik dari cerita yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah serta faktor penghambat dan solusi internalisasi akhlak kepada sesama melalui metode cerita dan tanya jawab santri TPQ al-Ikhlas di pusat hiburan malam Sarirejo. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan prosedur mengumpulkan, mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan yang kemudian di verifikasi. Temuan hasil penelitian: (1) langkah akhlak kepada sesama melalui metode cerita dan tanya jawab santri TPQ al-Ikhlas di pusat hiburam malam: prosesi perencanaan pra-metode cerita&tanya jawab; praktek pembiasaan perilaku terpuji dan nilai keteladanan; bercerita dengan alat peraga; interaksi dengan santri; pemberian hadiah. (2) faktor penghambat: terbatasnya alat penunjang cerita; kurangnya jumlah pengajar; lingkungan sekitar TPQ; anak tidak fokus saat pembelajaran. (3) Solusi: dukungan dari masyarakat & pejabat setempat; penggunaan internet dan media elektronik; kerjasama dengan lembaga; Mengikutsertakan anak atau orang tua dalam kegiatan masjid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2022 16:53
Last Modified: 23 Sep 2022 16:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item View Item