PEMBINAAN NILAI-NILAI KETAUHIDAN DAN SIKAP PATRIOTISME PADA PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

IHSAN, NUR (2022) PEMBINAAN NILAI-NILAI KETAUHIDAN DAN SIKAP PATRIOTISME PADA PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_NUR IHSAN_PAI_23010180070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembinaan nilai-nilai ketauhidan pada peserta didik di MTs Ma’arif Karanggede Boyolali. 2) Untuk mengetahui pembinaan sikap patriotisme pada peserta didik di MTs Ma’arif Karanggede Boyolali. 3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pembinaan nilai-nilai ketauhidan pada Peserta Didik di MTs Ma’arif Karanggede Boyolali. 4) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pembinaan sikap patriotisme pada peserta didik di MTs Ma’arif Karanggede Boyolali. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang telah didapatkan kemudian penulis analisiskan. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru akidah akhlak, guru pendidikan kewarganegaraan, dan peserta didik di MTs Ma’arif Karanggede Boyolali. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1) Pembinaan nilai-nilai ketauhidan pada peserta didik, yaitu: Kegiatan kajian kitab tauhid, fiqih, tafsir, kegiatan mujahadah, shalat berjamaah, pengintegrasian ke dalam kurikulum madrasah, pembiasan bersikap jujur, sabar, dan syukur. 2) Pembinaan sikap patriotisme pada peserta didik, yaitu: ekstrakurikuler pramuka, pencak silat, pembiasaan diperdengarkan lagu-lagu kebangsaan, pembelajaran ppkn. 3) Hambatan dan solusi dalam pembinaan nilai-nilai ketauhidan pada peserta didik, yaitu: Pengelolaan kegiatan cenderung kurang terkoordinir, maka solusinya adalah meningkatkan koordinasi guru, dan musyawarah. Problematika kurangnya kesadaran dan motivasi peserta didik, maka solusinya dengan menegaskan guru bersikap tegas dan mencari terobosan baru. Sulit mengkoordinasikan peserta didik dalam setiap kegiatan, maka solusi yang dilakukan adalah memberikan pengarahan yang baik. Kurangnya sikap semangat dan disiplin, maka soluasinya menasehati, menghukum, dan guru bk. 4) Hambatan dan solusi dalam pembinaan sikap patriotisme pada peserta didik yaitu: Kurangnya kerja sama dengan orang tua, maka solusinya melakukan pengawasan, pendekatan, dan musyawarah. Kurangnya sinergitas antara guru dan pembina, maka solusinya melalui musyawarah. Kurangnya dukungan dari lingkungan masyarakat, maka solusinya melakukan sosialisasi, memberi teladan baik dan pembuktian prestasi. Peserta didik kurang responsif dan disiplin dalam mengikuti kegiatan, maka solusinya dengan menasehati, menghukum. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, maka solusi untuk mengatasinya pihak madrasah mencoba menjadikan kegiatan lebih menyenangkan dan penuh kreativitas bernilai lebih bagi peserta didik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2022 01:50
Last Modified: 25 Sep 2022 01:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14878

Actions (login required)

View Item View Item