ANALISIS PENGARUH ISLAMIC GOVERNANCE STRUCTURE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY (ISR) DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020)

Mujarovah, Evi (2022) ANALISIS PENGARUH ISLAMIC GOVERNANCE STRUCTURE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY (ISR) DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI EVI MUJAROVAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengungkapan Islamic Social Responsibility (ISR) merupakan suatu hal yang penting yang harus diterapkan dalam suatu perusahaan, karena ISR adalah salah satu cara agar perusahaan menyampaikan laporan tanggung jawabnya kepada publik sehingga harapannya perusahaan tersebut jauh dari penyimpangan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor GCG yang diukur dengan rapatnya, meliputi rapat dewan pengawas syariah, rapat dewan komisaris, dan rapat komite audit terhadap pengungkapan ISR yang dimoderasi oleh kinerja keuangan pada BUS yang terdaftar di OJK periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan bank yang bersangkutan. Alat uji yang digunakan adalah eviews-10 untuk menguji regresi data panel. Sampel dalam penelitian ini ada 60 yang dipilih menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa rapat DPS dan rapat dewan komisaris berpengaruh negatif serta tidak signifikan, rapat komite audit berpengaruh positif dan signifikan, kinerja keuangan tidak dapat memoderasi rapat DPS dan rapat dewan komisaris terhadap pengungkapan ISR, namun dapat memoderasi rapat komite audit. Penelitian ini memiliki perbedaan dengan penelitian terdahulu dari segi variabel moderasi yang digunakan dan periode tahun yang diteliti.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2022 17:14
Last Modified: 26 Sep 2022 17:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item