Rizkiana, Melinda (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MENGGUNAKAN BARANG BEKAS PADA TEMA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 4 UNGARAN. [UNSPECIFIED]
Text
MELINDA RIZKIANA 23060180019.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Melinda Rizkiana. 2022. Pengembangan Media Pop-Up Book Menggunakan Barang Bekas pada Tema Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci : Pop-Up Book, Barang Bekas, Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan media pop-up book menggunakan barang bekas pada tema sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran, kelayakan dan kepraktisan media pop-up book menggunakan barang bekas pada tema sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran, dan hasil penggunaan media pop-up book menggunakan barang bekas pada tema sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang digunakan mengikuti model Borg & Gall yang meliputi 10 (sepuluh) langkah. Namun dalam penelitian ini, penulis membatasi sampai langkah delapan. Langkah tersebut meliputi, (1) Potensi Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain , (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk 1, (8) Uji Coba Pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen penelitian meliputi angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book menggunakan barang bekas pada tema sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran sangat layak, sangat praktis, dan dapat digunakan oleh peserta didik. Uji kelayakan dilakukan dengan teknik validasi ahli. Media pop-up book divalidasi oleh 2 ahli, yaitu dosen Tadris IPA. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan dengan teknik pemberian angket kepada guru dan peserta didik. Angket uji kepraktisan melibatkan 1 guru kelas VIII dan 34 peserta didik. Media divalidasi berdasarkan aspek media dan desain, materi, dan bahasa. Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan sebanyak 95%, hal tersebut menunjukkan media pop-up book menggunakan barang bekas sangat layak. Sedangkan hasil uji kepraktisan dari hasil angket guru sebanyak 96,87% dan hasil uji kepraktisan dari hasil angket peserta didik sebanyak 98,67%. Hal tersebut berarti bahwa media pop-up book menggunakan barang bekas sangat praktis. Selain itu media pop-up book menggunakan barang bekas yang digunakan pada pembelajaran IPA tema sistem pernapasan manusia berdasarkan hasil perhitungan uji t nilai thitung adalah 3,983 lebih besar dari ttabel adalah 1,996 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05 dan peningkatan rata-rata (gain) hasil belajar peserta didik sebesar 0,55 kriteria sedang. Hal tersebut berarti bahwa media pop-up book menggunakan barang bekas efektif terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 19:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 12:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14883 |
Actions (login required)
View Item |