IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA

Nur'aini, Shevie Juana (2022) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Shevie Juana Nur'aini 23060180007.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nur’aini, S. J. 2022. Implementasi Problem Based Learning dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model problem based learning dengan pendekatan STEM materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Problem Based Learning dengan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Peningkatan hasil belajar ini dapat didasarkan pada data hasil belajar peserta didik dengan rata-rata kelas pada siklus I yaitu 68,92 dengan 9 peserta didik tuntas (32,14%) dan 19 peserta didik tidak tuntas (67,85%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas 83,21 dengan 25 peserta didik tuntas (89,28%) dan 3 peserta didik tidak tuntas (10,71%). Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥85% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥80

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2022 19:43
Last Modified: 26 Sep 2022 19:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item