PROGRAM BIMBINGAN TERAPI MEMBACA AL-QURAN UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMAN 1 TUNTANG TAHUN 2022

ridwan, Muhamad afrizal (2022) PROGRAM BIMBINGAN TERAPI MEMBACA AL-QURAN UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMAN 1 TUNTANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AFRIZAL RIDWANN SELESAI (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis gambaran kecanduan game online yang dialami pada siswa kelas XII SMAN 1 Tuntang. Tingkat kecanduan game online siswa kelas XII di SMAN 1 Tuntang pada umumnya dalam kondisi rendah mencapai 33% (10 siswa), pada kondisi sedang mencapai 48,48% (16 siswa) dan pada kondisi tinggi mencapai 21,21% (7 siswa). Berdasarkan variasi tingkat kecanduan game online tersebut kebanyakan tergolong dalam tingkat sedang yaitu sebesar 48,48% (16 siswa). Jadi, tingkat kecanduan game online siswa SMAN 1 Tuntang berada dalam kondisi sedang. Treatment atau terapi yang dilakukan adalah dengan membaca Al- Quran setiap malam selama 7 hari paling tidak 2 halaman serta sebelum tidur membaca surat Al-Falaq, An-Nas dan Al-Ikhlas. Hasil penelitian ini menunjukan efektifitas bimbingan terapi membaca Al-Quran guna mengurangi kecanduan game online siswa kelas XII dapat dilihat dari menurunnya rata-rata skor sebelum dan sesudah diberikan bimbingan. Diperoleh hasil skor rata- rata sebelum dilakukan terapi membaca Al-Quran adalah 5,49892 dan setelah dilakukan terapi membaca Al-Quran hasil rata-rata siswa SMAN 1 Tuntang menjadi 5,38516. Berdasarkan output uji di peroleh nilai sig=0,000 yang berati lebih kecil dari 0.05 yang berati terapi membaca Al-Quran berpengaruh efektif guna menurunkan tingkat kecanduan game online pada siswa kelas XII SMAN 1 Tuntang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2022 21:27
Last Modified: 29 Sep 2022 14:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item