ANALISIS AMBIGUITAS LEKSIKAL DALAM SURAH AL- BAQARAH DAN PENERJEMAHANNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH, AL-AZHAR DAN TAFSIR KEMENTRIAN AGAMA (KAJIAN SEMANTIK)

Ilyashidayah, (2022) ANALISIS AMBIGUITAS LEKSIKAL DALAM SURAH AL- BAQARAH DAN PENERJEMAHANNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH, AL-AZHAR DAN TAFSIR KEMENTRIAN AGAMA (KAJIAN SEMANTIK). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Ambiguitas Leksikal, Ilyashidayah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ambiguitas leksikal adalah kata yang bermakna dua atau mempunyai lebih dari satu makna. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini mengenai kata-kata ambigu dalam ayat tentang aqidah dan fiqih di Q.S. Al-Baqarah dan terjemahannya dari tafsir Al-Misbah, Al-Azhar dan Kementrian Agama. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kata ambigu yang terdapat pada surah Al-Baqarah tersebut. Dalam pengkajiannya penelitian ini menggunakan kajian semantik. Selain itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan data bersumber dari buku, jurnal dan skripsi. Dan teknik kepustakaan yang digunakan, diperoleh sesuai dengan masalah dan tujuan pengkajian semantik yang berhubungan dengan ambiguitas leksikal. Hasil penelitian kata ambigu yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah yaitu pada ayat 187 kata لِبَاسٌ yang memiliki makna pakaian, penutup, partner. Kemudian ayat 220 kata تُخَالِطُو yang memiliki makna menggauli, bercampur, mencampuri. Kemudian ayat 223 kata حَرْثٌ bermakna sawah, ladang, kebun, tanaman. Kemudian ayat 228 kata قُرُوْۤءٍ bermakna suci, haid, bersih. Kemudian ayat 244 kata قَاتِلُوْا bermakna berjuang, melawan, berperang. Kata pada setiap ayat tersebut memiliki makna yang lebih dari satu sehingga disebut dengan ambiguitas leksikal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2022 16:25
Last Modified: 31 Oct 2022 07:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item