Strategi Humas Pondok Pesantren pada Awareness Publik Eksternal (Studi pada Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga)

Puspitasari, Nurmaya (2022) Strategi Humas Pondok Pesantren pada Awareness Publik Eksternal (Studi pada Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Nurmaya Puspitasari-43010180068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui strategi humas di Pondok Pesanten Agro Nuur El-Falah Salatiga pada awareness publik eksternal 2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi humas tersebut 3) Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari strategi ini untuk pondok pesantren Agro Nuur El-Falah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dekskriptif. Adapun sumber data yang di ambil dalam penelitian ini yaitu menggunakan sumber data primer dan sekunder. Dan teknis analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi humas pondok pesantren pada Awareness Publik Eksternal studi pada Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga yakni pendekatan persuasive dan edukatif, yaitu dengan menjalin komunikasi dengan publik internal meliputi ustad/ustadzah, santri dan pegawai kemudian publik eksternal meliputi masyarakat luas dan orang tua wali dengan cara metode dakwah (ceramah) dan media sosial, pendekatan kerjasama yaitu pondok pesantren Agro Nuur EL-Falah Salatiga menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga seperti mitra usaha, lembaga kepolisian dan juga masyarakat sekitar, strategi operasional, yaitu kegiatan di masyarakat seperti mujahadah, takziyah, dan ziarah, dan pendekatan tanggung jawab sosial humas yaitu dengan membuat wisata edukasi dan menerima undangan dari masyarakat yang mana bisa menciptakan keuntungan bersama. 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi humas Pondok Pesantren pada Awareness Publik Eksternal studi pada Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga yaitu faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi humas pada awareness ialah mempunyai fasilitas yang memadai, mempunyai relasi yang cukup banyak dan progam kegiatan yang terstruktur. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi humas Pondok Pesantren Agro Nuur EL-Falah Salatiga yaitu kurangnya kesamaan dalam menyampaikan informasi dari pihak internal ke eksternal, masih terjadi miskomunikasi antara kabid humas dengan publik internal dan dampak dari pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan tertundanya pelaksanaan kegiatan humas dan juga menyebabkan penurunan jumlah siswa.  

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2022 17:05
Last Modified: 30 Sep 2022 17:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item