PARTISIPASI AKTOR PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA SIDOGURO MELALUI WIRAUSAHA AIR MINUM GOA DI DESA JIMBUNG KABUPATEN KLATEN

Ninditasari, Nurulita Hilda Berliana (2022) PARTISIPASI AKTOR PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA SIDOGURO MELALUI WIRAUSAHA AIR MINUM GOA DI DESA JIMBUNG KABUPATEN KLATEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Partisipasi Pemerintah Desa dalam pengembangan BUMDes Sidoguro melalui wirausaha air minum Goa Tirta di Klaten dan apa saja faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi Pemerintah Desa Jimbung dalam pengembangan BUMDes Sidoguro melalui wirausaha air minum Goa Tirta di Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Data dan sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara Kepala Desa, Kasi Pemerintahan Desa, Direktur BUMDes, dan masyarakat Desa Jimbung. Data Sekunder meliputi dokumentasi kegiatan, profil Desa Jimbung, dan data profil BUMDes Sidoguro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Desa Desa sebagai regulator, dinamisator, dan fasilitator. Faktor pendukungnya terdapat potensi sumber mata air sendang bulus, sedangkan faktor penghambat Kurangnya modal, dukungan dan partisipasi masyarakat, kurangnya modal. Hasil yang diperoleh BUMDes Sidoguro adalah peningkatan pendapatan asli daerah, membuka lapangan pekerjaan dan terciptanya inovasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2022 14:55
Last Modified: 04 Oct 2022 14:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14930

Actions (login required)

View Item View Item