IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA TRAVEL HAJI DAN UMROH PT HAJAR ASWAD MUBAROQ SURAKARTA

choirunnisa, fatma (2022) IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA TRAVEL HAJI DAN UMROH PT HAJAR ASWAD MUBAROQ SURAKARTA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI 45 FATMA(1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Choirunnisa, Fatma. 2022. Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Bagian Marketing, Penanganan Masalah dan Tour Leader Di Travel Haji dan Umroh PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Standar Operasional Prosedur, Haji dan Umroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bagian marketing, penanganan masalah, dan tour leader di travel haji dan umroh PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta dalam meningkatakn mutu pelayanan terhadap jamaah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan filed research (Penelitian Lapangan). Sumber data diperoleh dari Direktur Operasional, karyawan PT. Hajar Aswad Mubaroq dan alumni jamaah haji maupun umroh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terdapat pada bagian marketing, penanganan masalah, dan tour leader di PT Hajar Aswad Mubaroq tahun 2020 berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya keberhasilan dari penerapan 7 hal pokok didalam SOP diantaranya: efisiensi, konsistensi, meminimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, perlindungan tenaga kerja, peta kerja,dan batas pertahanan. Faktor keberhasilan juga didukung dengan implementasi konsep 3P yaitu pembimbingan, pendampingan, dan pelayanan. Sedangkan tolak ukur keberhasilan sendiri dilihat dari bertambahnya jamaah setiap tahunnya dan adanya kepuasan dari jamaah terhadap fasilitas serta pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2022 18:21
Last Modified: 04 Oct 2022 18:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item