ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SALATIGA DALAM MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Ma'arif, Hidayatul (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SALATIGA DALAM MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Hidayatul Ma'arif (23070180001) Tadris Matematika-S1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga dalam menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid -19. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dipadukan sudut pandang kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada siswa kelas VII serta wawancara siswa dan guru matematika SMP Negeri 6 Salatiga. Teknik analisis data dalam penelitian ini melakukan perhitungan angket setelah itu melakukan wawancara beberapa siswa kelas VII untuk mengetahui kesulitan menggunakan LMS Moodle dan wawancara guru matematika untuk mengkonfirmasi mengenai kesulitan siswa menggunakan LMS Moodle setelah itu melakukan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa kelas VII dalam menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle pada pembelajaran matematika berupa indikator diantaranya: 1) kesulitan siswa menggunakan Learning management System (LMS) Moodle pada pembelajaran matematika adalah siswa mengalami kesulitan dalam jaringan internet, berupa letak geografis siswa yang tempat tinggal siswa sangat susah untuk mendapatkan jaringan internet.; 2) kehabisan kuota internet pada saat mengikuti pembelajaran berlangsung menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle. Penyebabnya adalah siswa yang tidak bisa menggunakan kuota internet secara bijak; 3) Sebagian besar siswa SMP Negeri 6 Salatiga banyak yang mempunyai handphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle. Tetapi dibandingkan menggunakan handphone lebih mudah menggunakan laptop/computer untuk mengakses Learning Management System (LMS) Moodle; 4) Kurangnya pemahaman mengenai fitur yang ada pada Learning Management System (LMS) Moodle. Karena siswa masih belum faham mengenai fitur-fitur yang digunakan sebagai kegiatan pembelajaran matematika. Fitur – fitur yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika yaitu assessment, chat, forum, quiz, dan survey.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2022 16:16
Last Modified: 05 Oct 2022 16:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item