SAPUTRO, FAJAR OKKY (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Software Articulate Storyline 3 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Untuk Materi Himpunan Kelas VII MTs N 5 Wonogiri. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Fajar Okky S_23070180040_Tadris Matematika_FTIK_082805.pdf Download (8MB) |
Abstract
Saputro, Fajar Okky. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Software Articulate Storyline 3 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Untuk Materi Himpunan Kelas VII MTs N 5 Wonogiri. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Skripsi: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Articulate Storyline 3, Himpunan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran matematika berbasis android yang dikembangkan menggunakan software Articulate Storyline 3. Efektivitas media pada penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap Analysis (A) meliputi identifikasi masalah di lapangan, Design (D) meliputi merancang materi dan tampilan media, Development (D) meliputi tahap pembuatan produk dengan program, tahap, Implementation (I) meliputi tahap pengujian produk kepada ahli materi, ahli media, dan peserta didik, Evaluation (E) meliputi analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis android. Pengembangan media menggunakan software Articulate Storyline 3 dengan tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 86,6%, ahli media sebesar 92,6% dan respon peserta didik sebesar 90,4%. Ketiga validator tersebut dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android diketahui dengan hasil rata-rata NGain Score sebesar 58% yaitu cukup efektif. Selanjutnya uji Independent Sample T-Test pada hasil tes kelas ekperimen dan kontrol didapatkan kesimpulan ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 18:56 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 08:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14954 |
Actions (login required)
View Item |