Laporan Penelitian PERAN KANTOR URUSAN AGAMA DAN PENYULUH DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DI UDAPI HILIR PRAFI KABUPATEN MANOKWARI

Sunarso, Dr. Budi (2022) Laporan Penelitian PERAN KANTOR URUSAN AGAMA DAN PENYULUH DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DI UDAPI HILIR PRAFI KABUPATEN MANOKWARI. UNSPECIFIED.

[img] Text
Laporan Penelitian_Peran KUA dan Penyuluh di Prafi_Budi sunarso.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan selama ini, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan, yaitu: - Upaya-upaya yang dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Prafi dalam memberikan Bimbingan Perkawinan pada masyarakat di Kampung Udapi Hilir adalah melakukan bimbingan kelompok dan bimbingan pribadi. Bimbingan kelompok yang dilakukan penyuluh yakni cara mendidik anak dengan baik, cara menangani anak yang nakal dan orang tua dibimbing agar menanamkan kepada anak-anaknya membenci sifatsifat tercelah, seperti berbohong, iri, dengki dan khianat. Sehingga anak tumbuh dengan kebencian terhadap sifat-sifat tersebut, serta orang tua juga hendaknya menjadi teladan bagi anak-anaknya, baik dalam hal sifat, sikap, maupun kebiasaan yang positif contohnya menunaikan salat di hadapan anak sehingga anak mempelajari salat. Sedangkan bimbingan pribadi yang dilakukan penyuluh adalah dengan membantu masyarakat dalam mengatasi masalah agar keluar dari masalah yang dihadapinya dengan cara face to face. - Masyarakat yang datang secara langsung ke Kantor Urusan Agama (KUA) biasanya mereka yang bermasalah dalam rumah tangganya, seperti ingin melakukan perceraian atau rujuk. Hambatan-hambatan yang ada serta solusi dalam melakukan Bimbingan Perkawinanpada Masyarakat di Kampung Udapi Hilir, yaitu para penyuluh kurang pemahaman terhadap konsep dasar penyuluhan, teknikteknik penyuluhan dan teori penyuluhan. Dalam setiap bimbingan yang dilakukan penyuluh hanya memberikan pengarahan yang sekedarnya atau hanya mendengarkan masalah yang dihadapi anggota bimbingan dan hambatan yang lain yaitu bahasa serta jauhnya jarak tempat bimbingan. Solusinya agar penyuluh rajin membaca buku- buku terkait masalah bimbingan dan membentuk majelis taklim di setiap Dusun. - Dampak dari Bimbingan Perkawinanyang dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Prafi pada masyarakat di Kampung Udapi Hilir adalah Kenakalan remaja berkurang, Perceraian suami istri menurun dan Anggota majelis taklim semakin bertambah. Kenalan remaja berkurang karena remaja mulai pandai dalam memilih hidup dengan baik dan sesuai dengan ketentuan Tuhan berkat pengarahan orang tua mereka, Perceraian dalam keluarga menurun, karena penyuluh telah banyak membatu masayarakat di Kampung Udapi Hilir dalam mengatasi percekcokan dalam keluarga yang biasanya mengakibatkan pada proses perceraian, kemudian akhirnya bisa dapat memahami pendapat masing- masing dan berusaha untuk saling mengerti dan mengalah demi teguhnya ikatan pernikahan dan Anggota majelis taklim semakin bertambah, karena adanya bimbingan kelompok dan bimbingan pribadi sebagai daya tarik dalam mengikuti majelis taklim.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2022 20:28
Last Modified: 05 Oct 2022 13:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item