Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Metode Snowball Drillingpada Siswa Kelas V Semester II MI Muhammadiyah Ngasinan Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

Yanuariawan, Aditya Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Metode Snowball Drillingpada Siswa Kelas V Semester II MI Muhammadiyah Ngasinan Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
BAB I bismillah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPS tidak hanya hafalan saja, melainkan pemahaman tentang apa yang ada dalam kehidupan sosial lingkungan sekitar. Sehingga guru sebagai pengajar seharusnya lebih kreatif dan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Namun masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dalam pembelajaran karena kurangnya sarana prasarana sekolah akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan Metode Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi pengamatan, tes, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahanakan kemerdekaan pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan kabupaten Boyolali . dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 70.04 menjadi 75.41 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83.75. Untuk angka ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 13 anak atau sebesar 54.16% meningkat menjadi 16 anak atau sebesar 66.66% pada siklus I dan menjadi 22 anak atau sebesar 91.6% pada siklus II. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 37.5% atau sebanyak 9 anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 02:38
Last Modified: 12 Apr 2017 02:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item