Affana, Vida (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA PRAKASITA CLASSROOM PADA SISWA SMPN 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
VIDA AFFANA 23010180017.pdf Download (4MB) |
Abstract
Affana, Vida. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media Prakasita Classroom pada Siswa SMPN 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Web Belajar, Prakasita Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media Prakasita Classroom pada siswa SMPN 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Untuk menjelaskan persepsi siswa dari implementasi model pembelajaran melalui media Prakasita Classroom dari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi model pembelajaran melalui media Prakasita Classroom Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMPN 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Dengan prosedur penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan model pembelajaran blended learning dalam mengimplemntasikan melalui media Prakasita Classroom, karena menggabungkan metode tatap muka dengan metode pembelajaran online dalam waktu yang sama. Pada pembelajaran tatap muka, guru mengajar di dalam kelas bersamaan dengan mengajar siswa yang belajar dari rumah dengan Prakasita Classroom. Dari pelaksanaan hingga penilaian guru menggunakan semua fitur yang tersedia dalam aplikasi web tersebut. (2) Pada persepsi siswa guru dapat menyampaikan materi dengan rinci, tidak membingungkan, kreativitas yang berhasil menarik perhatian, menambah semangat belajar, dan tidak membosankan namun juga siswa merasakan pembelajaran sedikit membosankan. (3) Faktor pendukung dalam implementasi ini yaitu a) Guru mempunyai potensi dan kemampuan mengembangkan kreativitas, b) Dukungan dana, c) Sarana prasarana yang memadai, d) Memiliki fitur yang mudah dioperasikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Server terkadang down, b) Kuota siswa habis, c) Siswa tidak mempunyai perangkat, d) Sinyal tidak mendukung, dan e) Siswa tidak mengikuti kegiatan pembelajaran karena merasa bosan dan malas.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 18:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 12:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14973 |
Actions (login required)
View Item |