PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016

SODIKIN, AHMAD (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI (AHMAD SODIKIN) PGMI NIM 115-12-086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sodikin, Ahmad, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup Melalui Media Power Point pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2016. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Media Power Point, Hasil Belajar, dan IPA. Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar siswa kelas VI tentang materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup menggunakan Media Power Point. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Ciri-ciri Khusus Makhluk Hidup pada siswa kelas VI MI Ma’arif Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup pada siswa kelas VI MI Ma’arif Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MI Ma’arif Pabelan Tahun 2016 dengan subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VI. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas belajar siswa materi ciri-ciri makhluk hidup melalui Media Power Point. Dapat dilihat dari siklus I sebesar 56,2% menjadi 86,9% pada siklus II. Untuk skor rata-rata siklus I sebesar 58,2 menjadi 72,1 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 02:50
Last Modified: 12 Apr 2017 02:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item