PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 5 SUBTEMA 2 MATERI HUBUNGAN ANTARMAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI KENTENG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

, AMELIA AINUN LATIFAH (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 5 SUBTEMA 2 MATERI HUBUNGAN ANTARMAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI KENTENG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ameliaainunlatifah2023040180121PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model numbered heads together berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema 5 subtema 2 materi hubungan antarmahkluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas V Semester 1 MI Kenteng Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V MI Kenteng yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan Individual. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model numbered heads together berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus sebelum menggunakan model numbered heads togther berbantu mdia gambar, dari semua siswa hanya 13% siswa yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria klasikal 35% (8 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 64 sedangkan siklus II mencapai kriteria klasikal sebesar 91% (21 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 83. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke silus II mengalami peningkatan 56%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:20
Last Modified: 12 Oct 2022 09:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

View Item View Item