ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN, DANA PIHAK KETIGA, TINGKAT INFLASI DAN TABUNGAN WADIAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN MURABAHAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016 – 2021)

Wulandari, Aprilia (2022) ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN, DANA PIHAK KETIGA, TINGKAT INFLASI DAN TABUNGAN WADIAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN MURABAHAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016 – 2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI APRILIA WULANDARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh Rasio Keuangan, Dana Pihak Ketiga, Tingkat Inflasi, dan Tabungan Wadiah Terhadap Profitabilitas Dengan Pembiayaan Murabahah Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2016 – 2021 ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi 12 BUS yang terdaftar di OJK.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 36 sampel dari 6 BUS dalam kurun pengamatan tahun 2016 – 2021.Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder.Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi, uji asumsi klasik, dan path analysis. Teknik pengambilan data dalam riset ini menggunakan alat bantu yaitu aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel CAR, DPK, Inflasi, Tabungan Wadiah, dan Pembiayaan Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Variabel CAR, DPK, Inflasi, dan Tabungan Wadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah. Pembiayaan Murabahah memediasi pengaruh CAR, DPK, Inflasi, dan Tabungan Wadiah terhadap Profitabilitas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2022 15:26
Last Modified: 07 Oct 2022 08:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item View Item