Ni'mah, Nasimatun (2016) Manajemen Pendidikan KarakterSiswa Di MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI NASIMATUN NI'MAH 111-12-097.pdf Download (3MB) |
Abstract
Moral remaja masa kini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana kaum remaja mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Untuk itu pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan.Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik.Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahuimanajemen pendidikan karakter siswa di salah satu sekolahmenengah yaitu MTsN Susukan Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingindijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen pendidikan karakter siswa di MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? (2)Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pendidikan karakter siswa di MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakanpendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupaobservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) perencanaan pendidikankarakter siswa di MTsN Susukan dilakukan melalui 3 proses. Pertama, menentukan tujuan pendidikan karakter. Kedua, menyusun program atau kegiatan- kegiatan madrasah. Ketiga, mengintegrasikan nilai- nilai karakter ke dalam semua mata pelajaran, kegiatan- kegiatan yang diprogramkan dan kegiatan ekstrakurikuler ; (2) pengorganisasian pendidikan karakter siswa di MTsN Susukan dilaksanakan berdasarkan dari SK Kepala Madrasah, yaitu dengan menentukan kegiatan, jadwal pelaksanaan, dan penanggung jawab kegiatan atau program; (3) pelaksanaan pendidikan karakter siswa di MTsN Susukan direalisasikan melalui 2 proses. Pertama, pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental ; kegiatan pembelajaran; program madrasah; dan kegiatan ekstrakurikuler). Kedua, metode pelaksanaan (pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, dan reward and punishment); (4) evaluasi pendidikan karakter siswa di MTsN Susukan melalui evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa); (5) hambatannya adalah terbatasnya kontrol dari madrasahsetelah siswa pulang sekolah, pengaruh media,kurangnya kepedulian beberapa guru, keberagaman karakter siswa dan beberapa siswa yang susah diatur, serta lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang baik; (6) sedangkan faktor pendukungnya adalah dukungan pemerintah, sumberdaya manusia (SDM),sarana danprasarana lengkap, kegiatan yang sudah terprogram, rasa kekeluargaan yang tinggi, dan dukungan dari semua warga sekolah, dari orang tua/ wali murid, dan masyarakat sekitar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |