METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI WONOTORO 2021/2022

arini, oktavia fajar (2022) METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI WONOTORO 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
OKTAVIA FAJAR ARINI 23040180064...pdf

Download (2MB)

Abstract

Arini, Octavia Fajar. 2022. Metode Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Mi Wonotoro 2021/2022. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Insitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar, Media Gambar, Pecahan Senilai, Problem Basis Learning. Pembelajaran Matematika di MI Wonotoro belum mneggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam menemukan konsep pemecahkan suatu permasalahan. Terbukti ketuntasan hasil belajar matematika pada materi pecahan senilai masih dikatakan rendah. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan suatu metode pembelajaran yang melatih siswa dalam memecahkan masalah salah satunya adalah metode pembelajaran Problem Based Learning. Selain itu untuk mempermudahkan siswa dalam memahami konsep pecahan senilai perlu adanya penggunaan media gambar yang dapat membantu pemahaman konsep secara konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Mi Wonotoro, Kec Sambi,Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Sampel dalam penelitian ini, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini meliputi, RPP, lembar Observasi Guru dan Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar kognitif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini, menunjukan bahwa penggunakan Metode Problem Basis Learning (PBL) dengan alat media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Mi Wonotoro,Kec Sambi,Kab Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dibuktikan dari data per siklusnya. Hasil pra siklus hanya 9 orang (50%) yang tuntas KKM, sedangkan 9 orang (50%) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I yang tuntas KKM yaitu 12 siswa (67%) dan 6 orang (33%) belum Tuntas KKM. Dari peningkatan pra siklus ke siklus I yaitu 17 %. Pada siklus II 17 sebanyak 94% yang telah memenuhi KKM. Sedangkan 1 siswa atau 6 % belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 80,61. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode PBL dalam pembelajaran pecahan senilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 27%  

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:03
Last Modified: 10 Oct 2022 10:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item View Item