PENGARUH DIMENSI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (ALTRUISM, CIVIC VIRTUE, CONSCIENTIOUSNESS, COURTESY, SPORTSMANSHIP) DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada BTN Syariah Kantor Cabang Surakarta)

SANTIKA, WIDYA (2022) PENGARUH DIMENSI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (ALTRUISM, CIVIC VIRTUE, CONSCIENTIOUSNESS, COURTESY, SPORTSMANSHIP) DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada BTN Syariah Kantor Cabang Surakarta). [UNSPECIFIED]

[img] Text
1 WIDYA SANTIKA (63010160078).pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara altruism, civic virtue, conscientiousness, courtesy, sportmanship dan religiusitas terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Bank BTN Syariah KC Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada karyawan Bank BTN Syariah KC Surakarta dengan sampel jenuh sebanyak 31 orang. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan SPSS versi 23. Analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas), uji staristik (Uji Ttest, Uji Ftest, Uji koefisien determinasi R2), serta analisis jalur (path analysis). Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Altruism, civic virtue, conscientiousness, dan religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. (2) Sportsmanship berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. (3) Courtesy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. (4) Altruism dan civic virtue berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. (5) Conscientiousness dan kepuasan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. (6) Courtesy, sportsmanship, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (7) Kepuasan kerja tidak dapat memediasi pengaruh altruism, civic virtue, conscientiousness, courtesy, sportsmanship, dan religiusitas terhadap kinerja karyawan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2022 18:31
Last Modified: 12 Oct 2022 11:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item