Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Tunanetra) dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Quran pada Anak Tunanetra di SLB Wantuwirawan Salatiga

Milkhatunnikmah, Milkhatunnikmah (2016) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Tunanetra) dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Quran pada Anak Tunanetra di SLB Wantuwirawan Salatiga. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi milkha pai_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAI berkebutuhan khusus dalam pembelajaran BTA pada anak tunanetra sesuai dengan kompetensi siswa pada pendidikan menengah atas di SLB Wantuwirawan Salatiga. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1) Strategi yang digunakan oleh guru PAI (tunanetra)?, 2) Bagaimana pelaksanaan dalam pembelajaran baca tulis Al Quran,problematika yang dihadapi, dan Solusi yang pada anak tunanetra di SLB Wantuwirawan Salatiga ?. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi dari sumber data. Subyek penelitian adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, dan siswa tingkat menengah atas di SLB Wantuwirawan Salatiga. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa 1) strategi pembelajaran baca tulis Al Quran yang diterapkan oleh guru PAI (low vision) di SLB Wantuwirawan berbeda dengan guru – guru PAI pada umumnya yaitu dengan menggunakan strategi yang berpusat pada siswa dengan prinsip individual dan lebih memilih duduk di tempat dekat siswa. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, praktek dan metode diskusi,2) Pelaksanaan yang terstruktur dari awal pengenalan huruf hijaiyah sampai tajwid dengan menggunakan media Al Quran braille, riglet dan buku braille secara bergantian berdasarkan kemampuan siswa dengan cara mendikte. Memberlakukan simakan bagi yang sudah membaca dengan bimbingan satu per satu dan perkata bukan per ayat, adanya diskusi agar siswa tidak merasa jenuh, memberikan masukan terhadap hasil siswa setiap selesai pembelajaran, memberikan motivasi dan reward, Problematika yang muncul dalam proses pembelajaran berasal dari siswa karena masih kurang dalam perabaan, sulitnya menghafal tajwid, dan pengucapan huruf hijaiyah, kesulitan menulis dengan reglet, sering lupa dengan tugas, sedangkan guru karena keterbatasan melihat membuat guru kurang begitu menguasai kelas dan pemantauan terhadap siswa. Solusi untuk mengatasi problematika, siswa memperbanyak latihan baik menulis maupun membaca dengan cara memanfaatkan waktu jam pelajaran yang kosong, mengadakan lomba ketika pesantren kilat dengan menghafal surat pendek, ada bimbingan tersendiri bagi siswa yang belum bisa, sedangkan guru sering bekerjasama dengan guru lain dan mengikuti latihan baik tingkat kota maupun provinsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:05
Last Modified: 12 Apr 2017 03:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item