PERAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN LITERASI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TKIT AL-MA'RUF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Khusnaini, Risya (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN LITERASI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TKIT AL-MA'RUF TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RISYA KHUSNAINI 230180028.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khusnaini, Risya. 2022. Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Literasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TKIT Al-Ma’ruf Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wakhidati Nurrohmah Putri, M. Pd.I. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Literasi, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran orang tua dalam mengenalkan literasi pada anak untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di TKIT Al-Ma’ruf Tegalrejo. (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan dalam mengembangakan kemampuan bahasa anak di TKIT Al-Ma’ruf Tegalrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dimana peneliti terjun langsung ke tempat penelitian yang berada di TKIT Al-Ma’ruf Tegalrejo, wawancara dengan guru dan orang tua, dan dokumentasi berupa arsip dan foto. Analisis data pada penelitian ini menggunakan beberapa komponen diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran orang tua dalam mengenalkan literasi pada anak untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak adalah menemani anak belajar bersama, mengajarkan anak belajar sambil bermain, meluangkan waktu dan mendampingi anak dalam kegiatan bermain dan belajar, memberikan contoh ucapan yang baik, memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengam usianya, melakukan kegiatan bersama-sama. (2) Faktor pendukung terkait dengan pengembangan kemampuan bahasa anak diantaranya adalah keadaan ekonomi yang mencukupi sehingga kebutuhan belajar anak dapat terpenuhi, rata-rata orang tua memiliki literasi yang cukup, orang tua memberikan stimulasi yang cukup pada anak. (3) Faktor penghambat terkait dengan pengembangan kemampuan bahasa anak adalah kurangnya waktu yang dihabiskan untuk mendampingi anak belajar di rumah, orang tua banyak mengandalkan hasil belajar dari sekolah, orang tua memberikan HP sebagai media belajar bagi anak sehingga perkembangan bahasa anak kurang maksimal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2022 05:25
Last Modified: 11 Oct 2022 05:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item View Item