PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA MATERI SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fauziah, Alvi Nur (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA MATERI SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Alvi Nur Fauziah_23040180002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fauziah, Alvi Nur. 2022. Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Pendekatan Integratif Pada Materi Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi Kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr.Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Membaca; Pendekatan Integratif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan membaca dapat dilakukan melalui pendekatan Integratif pada materi subtema perkembangan teknologi komunikasi siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Integratif melalui dua siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berjalan dengan baik, maka peneliti menggunakan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Serta menggunakan teknik pengumpulan data tes dan pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo yang berjumlah 25 siswa yaitu terdiri dari 9 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan penelitian dengan pendekatan Integratif tersebut bisa meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dapat dibuktikan dengan adanya data hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ada 17 siswa (68%) yang tuntas dari 25 siswa. Nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 23 siswa (92%) yang tuntas dari 25 siswa. Jadi, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan klaksikal yakni 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2022 17:35
Last Modified: 11 Oct 2022 10:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item