PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH HAURGEULIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

umamah, Irhasul (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH HAURGEULIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
[SKRIPSI] Irhasul Umamah 23040180046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Haurgeulis melalui media kartu huruf pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Haurgeulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Haurgeulis yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 70% dari 22 orang anak mencapai kemampuan membaca. Penelitian ini dilakukan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata membaca siswa kelas 1 adalah 58, persentase keberhasilan secara klasikal adalah 60% dan pada siklus II nilai rata-rata membaca siswa kelas 1 meningkat menjadi 73, persentase keberhasilan secara klasikal adalah 72%. Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Membaca, Media Kartu Huruf

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2022 20:22
Last Modified: 04 Jul 2023 10:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item