'AZIZAH, 'ULYA 'AMALIA (2022) PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Ulya Amalia Azizah_23070180042.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self confidence berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh teori yang dikemukakan beberapa ahli dan fakta dilapangan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik belum terlatih dengan baik, selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi salah satunya dari aspek afektif yaitu self confidence. Sampel penelitian adalah peserta didik SMP N 1 Tengaran kelas VII sebanyak 155 sampel. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner self confidence dan tes tertulis kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pada tabel coefficient diperoleh model regresi: . Konstanta sebesar yang berarti apabila variabel self confidence dianggap 0 maka variabel komunikasi matematis nilainya adalah . Kedua, koefisien regresi pada variabel self confidence sebesar dan positif artinya jika variabel self confidence mengalami kenaikan sebesar 1 poin secara signifikan, maka akan meningkatkan nilai dari variabel komunikasi matematis sebesar . Ketiga hasil dari tabel anova , maka ditolak dan diterima, maka ada pengaruh yang signifikan antara variable independent terhadap variable dependent. Keempat nilai sebesar 0.591, hal ini berarti bahwa 59.1% variasi dari komunikasi matematis dapat dijelaskan oleh variasi dari self confidence. Sedangkan sisanya sebesar 40.9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 20:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 13:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15036 |
Actions (login required)
View Item |