EFEKTIVITAS METODE CERAMAH - METODE PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI MATRIKS PADA PESERTA KELAS X SMK MAARIF NU 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RUBIASPA, SITI (2022) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH - METODE PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI MATRIKS PADA PESERTA KELAS X SMK MAARIF NU 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
siti_rubiaspa_23070170090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Metode Ceramah - Metode Penugasan Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Matriks Pada Peserta Kelas X SMK Maarif NU 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dipakai untuk memahami efektifitas anatar variabel bebas yakni metode ceramah dengan metode penugasan dengan variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Maarif NU 2 Boyolali sebanyak 84 peserta didik. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji one sample t test, uji N-gain, uji independen sampel t test. Pembelajaran menggunakan metode ceramah - metode penugasan efektif terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan berdasarkan uji one sample t test untuk kelas eksperimen rata-rata nilainya 80 mencapai KKM dengan sig (2-tailet) sebesar 0,003 < 0,5 maka ditolak dan diterima, sedangan kontrol 73,8095 tidak mencapai KKM dengan sig (2-tailet) 0,507 > 0,05 maka diterima dan ditolak. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 73,81 dengan sig(2-tailet) 0,011 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif sedangkan kelas kontrol kurang efektif dengan nilai kelas eksperimen sebesar 56% yang termasuk dalam kategori cukup efektif (56-75%). Hasil belajar matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode ceramah dengan metode penugasan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran ceramah menunjukkan ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 14:37
Last Modified: 14 Oct 2022 07:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item