KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ISLAM BERKEMAJUAN MENURUT MUHAMMADIYAH

HIKMAWATI, ISTIANAH LIS (2017) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ISLAM BERKEMAJUAN MENURUT MUHAMMADIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ISTIANAH LIS HIKMAWATI 111-12-172.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hikmawati, Istianah Lis. 2017. Konsep Pendidikan Islam Perspektif Islam Berkemajuan menurut Muhammadiyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Islam dan Perspektif Islam Berkemajuan menurut Muhammadiyah. Penelitian ini membahas tentang Konsep pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan menurut Muhammadiyah. Fokus Penelitian yang dikaji yaitu 1. Apa yang dimaksud dengan Islam berkemajuan menurut Muhammadiyah? 2. Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan menurut Muhammadiyah? Penelitian ini menggunakan pendekatan library research yaitu suatu penelitian kepustakaan murni. Dengan demikian pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan seperti buku-buku, majalah, dokumen, artikel, perkataan-perkataan, notulen harian, catatan rapat dan sebagainya. Selain itu penelitian ini juga dikombinasikan dengan penelitian lapangan, untuk membantu memperkuat data yang yang telah diperoleh. Hasil penelitian bahwa pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan yaitu merupakan pendidikan Islam yang mengitegrasikan dikotomi ilmu pengetahuan. Pendidikan yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistik. Konsep pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan yaitu sebagai refleksi nilai-nilai humanisasi, liberasi, emansipasi dan transendensi dari kandungan Q.S Ali Imran ayat 104 dan 110. Pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan yaitu; Pertama, humanisasi sebagai pendidikan yang membawa tranformasi sosial menuju tranformasi intelektual dan proses pembangunan karakter kemanusiaan. Kedua, liberasi yaitu pendidikan yang mampu menyadarkan masyarakat akan realitas sosial yang sudah terkontaminasi dengan budaya lokal (khususnya Hindu dan Budha). Selain itu membentuk generasi muda menjadi individu yang berpikiran maju atau modern, terhindar dari kejumudan pemikiran. Ketiga¸ emansipasi merupakan pembebasan perbudakan, atau per-samaan hak baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan memberikan kebebasan untuk individunya berkembang dan memanfaatkan potensi diri. Serta tidak adanya diskriminasi terhadap kaum perempuan. Keempat, transendensi (proses mempercayai yang bernuansa abstrak, ghaib). Pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan menyeimbangkan pendidikan yang diperoleh peserta didik dengan lebih menekankan kepada pembinaan moralitas untuk awal pembentukan kerpibadian yang sempurna (insan kamil) dan menjadi individu yang rahmatan lil ‘alamin. Sedangkan pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan bila dilihat secara ideologis, merupakan bentuk transformasi Al Ma’un untuk menghadirkan dakwah dan tajdid secara aktual dalam pergulatan hidup keutamaan, kebangsaan dan kemanusian universal. Pendidikan Islam perspektif Islam berkemajuan harus mampu menyeimbangkan dan memaksimalkan peran manusia untuk dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:24
Last Modified: 12 Apr 2017 03:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item