IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN UMMUL QUROK BANYURIP, KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2022

Aminudin, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN UMMUL QUROK BANYURIP, KLEGO, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Muhammad Aminudin(2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelian dalam skripsi ini ada dua hal, yaitu (1) Untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok Pesantren Ummul Qurok. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Ummul Qurok. Jenis penelitian skripsi ini penelitian lapangan (field research) kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara pada pengajar pondok pesantren, santri pondok pesantren, dan sumber sekunder yang berupa dokumen yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, participant observation, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Tektik analisis data menggunakan cara reduksi data, trianggulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pendidikan Karakter pada santri di Pondok Pesantren Ummul Qurok. di lakukan dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan dan pemberian nasehat/ arahan. Perkembangan santri khususnya di pondok pesantren Ummul Qurok untuk pendidikan karakter lebih spesifik lagi ke karakter moral, spiritual, nilai nilai, akhlak, dan sopan santun. (2) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai karakter meliputi lingkungan sekolah yang baik, tata tertib, sinergitas antar guru dan juga komunikasi yang baik antara guru dan santri. Ditambah dengan kegiatan ekstrakulikuler yang mengandung penerapan pendidikan karakter. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter meliputi meliputi: kurangnya dukungan orang tua santri, sifat santri yang susah dikontrol dalam mengikuti kegiatan pondok pesantren sehingga beberapa santri pernah menerima hukuman, serta karakter dan kebiasaan santri baru di pondok pesantren masih sulit untuk diatasi. Solusinya dari seluruh elemen- elemen pondok selalu berkesinambungan, mewujudkan visi dan misi yang telah dibuat oleh pondok pesantren.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 16:30
Last Modified: 14 Oct 2022 13:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item