Konsep Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Program Doktor Pendidikan Agama Islam Berbasis KKNI

Subqi, Imam (2022) Konsep Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Program Doktor Pendidikan Agama Islam Berbasis KKNI.

[img] Text
Imam Subqi_e-proceeding_icosah.pdf

Download (540kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan konsep pengembangan kurikulum dan pembelajaran PAI mengacu pada KKNI Program Doktor Pascasarjana IAIN Salatiga, melalui pendekatan kualitatif, dengan subyek penyusunan kurikulum. Hasil penelitian ini ada enam langkah penyusunan kurikulum yaitu (1) analisis SWOT dengan enam landasan yaitu teologis, filosofis, kultural, sosiologis, psikologis serta hukum. (2) analisis kebutuhan sesuai kebutuhan stakeholders dan mahasiswa, melibatkan pengguna lulusan, ahli, peneliti. (3) penetapan profil lulusan sebagai akademisi, konsultan dan reviewer bidang Pendidikan Agama Islam. (4) rumusan capaian pembelajaran meliputi tiga yaitu penguasaan pengetahuan, keterampilan umum dan khusus. (5) pembentukan mata kuliah mengacu capaian pembelajaran memuat tiga yaitu pengetahuan, keterampilan dan keahlian dipadukan hasil analisis rumusan kompetensi lulusan dan bahan kajian akan membentuk nama mata kuliah. Kontribusi riset ini menjadi acuan berbagai pihak dalam menyusun kurikulum PAI dan menciptakan proses pembelajaran profesional melahirkan generasi berakhlak mulia.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 16:56
Last Modified: 14 Oct 2022 09:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item