PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMK SARASWATI SALATIGATAHUN AJAR 2020/2021

Rohman, Agus (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMK SARASWATI SALATIGATAHUN AJAR 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AGUS ROHMAN 111-14-160.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rohman, Agus. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Di SMK Saraswati Kota Salatiga Tahun Ajar 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Toleransi, Umat Beragama. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana bentuk penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama 2) Apa saja faktor yang mendorong penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama 3) Apa saja faktor yang menghambat penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMK Saraswati Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field reasearch) dan bersifat deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui sudut pandang warga sekolah mengenai penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama, sedangkan data tambahan berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Bentuk penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragam di SMK Saraswati Kota Salatiga yaitu: a) pembiasaan dalam bertoleransi antar umat beragama b) memberi tauladan yang baik dalam bertoleransi agama c) pemberian nasihat dalam bertoleransi agama d) praktik dalam bertoleransi agama 2) Faktor pendorong dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama yaitu a) Lingkungan masyarakat dimana Salatiga merupakan kota dengan predikat paling toleran di Indonesia sehingga mempermudah dalam penanaman nilai-nilai toleransi b) lingkungan keluarga dikarenakan siswa bertempat tinggal di Salatiga menjadikan kehidupan keluarga terbiasa dengan sikap toleransi c) Materi pembelajaran yang menunjang akan penanaman toleransi 3) Faktor penghambat berupa lingkungan plural baik di dalam lingkup sekolah maupun luar sekolah dapat menjadi pemicu hambatan dalam penanaman nilai-nilai toleransi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 20:11
Last Modified: 14 Oct 2022 13:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item