PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

ROHMAN, MUHAMMAD CHOLILUR (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
muhammad cholilur rohman.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Cholilur Rohman, Muhammad. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: Hasil Belajar, make a match, `Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatakan hasil belajar Matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Tahun Ajaran 2015/2016? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melaui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, test, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar kelas III tahun 2016. Melalui startegi pembelajaran make a match ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa 63 atau 55% siswa yang tuntas belajar,pada siklus I meningkat menjadi 68 atau 83% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 73 atau 100% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas III MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:32
Last Modified: 12 Apr 2017 03:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item