Peran Self Control Pada Santri Dalam Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an: Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Sabilillah Wonosobo

Huda, Muhammad Malikul (2022) Peran Self Control Pada Santri Dalam Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an: Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Sabilillah Wonosobo. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Muhammad Malikul Huda 43040180046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Self Control yang terjadi pada santri yang sedang menghafalkan AlQur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sabilillah Wonosobo yang diulas menggunakan teori-teori psikologi. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, sumber data penelitian yang diperoleh melalui 6 (enam) informan santri yang menghafal Al-Qur’an, serta dokumen yang terkait dengan tema penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sabilillah Wonosobo yang menghafalkan Al-Qur’an. Analisis data dilakukan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1. Peran Self Control pada santri yang sedang menghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sabilillah Wonosobo sangat berpengaruh. Individu dengan Self Control yang baik dapat menghafalkan Al-Qur’an lebih cepat dibandingkan dengan individu yang kualitas Self Control nya buruk. 2. Faktor pendukung dan penghambat pada santri yang sedang menghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an SabilillahWonosobo berupa faktor internal dan eksternal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2022 16:18
Last Modified: 19 Oct 2022 16:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item