Dampak Dispensasi Nikah Terhadap Tingkat Perceraian Di Pengadilan Agama Salatiga Kelas 1B (Studi di Pengadilan Agama Salatiga Perkara Tahun 2018)

Choirunnisa, Ayu (2022) Dampak Dispensasi Nikah Terhadap Tingkat Perceraian Di Pengadilan Agama Salatiga Kelas 1B (Studi di Pengadilan Agama Salatiga Perkara Tahun 2018). [UNSPECIFIED]

[img] Text
sodapdf-compressed_compressed (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Choirunnisa’, Ayu 2021. Dampak Dispensasi Nikah Terhadap Tingkat Perceraian Di Pengadilan Agama Salatiga Tahun 2018. Skripsi. Fakultas Syari’ah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Heni Satar Nurhaida, S.H., M.Si. Kata Kunci: Dispensasi Nikah, Perceraian. Dispensasi Nikah adalah perkawinan yang calon mempelai laki-laki atau perempuannya masih dibawah umur dan belum diperbolehkan untuk menikah sesuai dengan peraturan. Perceraian dalam istilah fiqh disebut talak atau furkah yang mana talak artinya membuka ikatan, membatalkan perjanjian, dan furkah berarti bercerai yakni lawan dari berkumpul. Dalam peneliatan ini, penulis mengupas tentang dampak dispensasi nikah terhadap tingkat perceraian di Pengadilan Agama Salatiga. Rumusan masalah yang diteliti yaitu : bagaimana pertimbangan seorang hakim dalam memutuskan permohonan dispensasi nikah? Dan bagaimana dampak dispensasi nikah terhadap tingkat perceraian di pengadilan agama salatiga tahun 2018? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang dilakukan secara utuh kepada subjek penelitian dimana terdapat sebuah peristiwa dimana peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitian. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan induktif yang mana penelitian deskriptif dipusatkan pada masalah aktual sebagaimana pada saat penelitian berlangsung dan penelitian induktif merupakan penarikan kesimpulan yang umum atau dasar pengetahuan tentang hal-hal yang khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Pertimbangan seorang hakim dalam memutuskan permohonan dispensasi nikah : sesuai aturan formil, domisili (harus masuk dalam lingkup wilayah hukum tempat berdomisili), tidak adanya larangan menikah, kematangan sikap maupun finansial, persetujuan kedua belah pihak, dalam keadaan terdesak, maslahah mursalah. 2. Dampak dispensasi nikah terhadap tingkat perceraian : data-data yang ditemukan peneliti menunjukkan bahwa perceraian akibat dispensasi nikah mencapai 60% dari jumlah keseluruhan data pereceraian di Pengadilan Agama Salatiga , mereka rata-rata bercerai karena beberapa alasan perceraian, diantaranya : masalah ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga. Perselingkuhan, dan kepribadian labil. Berdasarkan hal itu menunjukkan bahwa pasangan dispensasi nikah tersebut berdampak terhadap tingkat perceraian di pengadilan agama salatiga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2022 18:36
Last Modified: 11 Nov 2022 12:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item