Implementasi Pendidikan Al-Qur’an Bagi Anak Balita di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2016

Putri, Intan Rokhana (2016) Implementasi Pendidikan Al-Qur’an Bagi Anak Balita di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
CD PDF skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Pendidikan Al-Qur’an bagi anak-anak yang masih berusia balita di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Assalam Jl. Ambarawa KM 2 Jetis Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Fokus utama penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana konsep dan kebijakan pendidikan al-Qur’an bagi anak balita di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Assalam? 2) Bagaimana implementasi dan proses pembelajaran al-Qur’an bagi anak balita di TPA Assalam? 3) Bagaimana tanggapan wali murid terhadap keberhasilan implementasi pendidikan Al-Qur’an bagi anak balita di TPA Assalam?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif analisis, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, kategorisasi, sintesis dan menyusun hipotesa kerja. Dalam pengecekan keabsahan data penulis melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan al-Qur’an di TPA Assalam adalah melalui pembiasaan mendengarkan murrotal dan muraja’ah agar anak-anak yang masih berusia balita sudah bisa menghafal al-Qur’an. Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPA Assalam dilakukan secara melingkar dan muraja’ah bersama. Selain muraja’ah, proses pembelajaran juga melalui pemutaran murrotal, secara privat dan model klasikal. Menurut para wali murid, pelaksanaan pendidikan al-Qur’an di TPA Assalam baik sekali diterapkan pada usia balita, karena usia anak yang masih belia tersebut masih sangat muda menangkap dan mencerna pengetahuan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaannya pun sangat efektif, karena dengan pembiasaan anak akan mengenal dan lama-lama menjadi hafal al-Qur’an. Dengan berlambangkan TPA berbasis al-Qur’an, menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua yang sibuk untuk menitipkan anaknya di TPA Assalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:35
Last Modified: 12 Apr 2017 03:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item