PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III MI SABILUL HUDA (SD PLUS) KALITANGI TAHUN AJARAN 2015/2016

AFLAHA, NILA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III MI SABILUL HUDA (SD PLUS) KALITANGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Nila Aflaha 11511050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aflaha, Nila. 2016. Peningkatan hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Pengalaman Yang Mengesankan Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas III MI Sabilul Huda (SD PLUS) Kalitangi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Index Card Match, dan Bahasa Indonesia Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Sabilul Huda (SD PLUS) Kalitangi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Index Card Match. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Sabilul Huda (SD PLUS) Kalitangi Tahun Ajaran 2015/2016?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan 80%. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III MI Sabilul Huda (SD PLUS) Kalitangi yang berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari 8 siwa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Index Card Match pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes evaluasi pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 61,54% dengan nilai rata-rata 71,54. Pada siklus II meningkat menjadi 11 siswa yang tuntas atau 84,61% dan 2 siswa yang tidak tuntas. Nilai akhir prestasi belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan metode Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menceritakan pengalaman yang mengesankan di kelas III MI Sabilul Huda (SD PLUS) Kalitangi mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:38
Last Modified: 12 Apr 2017 03:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item