Hannah, (2022) PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 2018 FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA. [UNSPECIFIED]
Text
HANNAH (43040180166) PSIKOLOGI ISLAM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mindfulness merupakan kemampuan seseorang dalam memberikan atensi yang utuh terhadap perasaan dan peristiwa yang dialaminya sekarang, sementara stres akademik merupakan situasi dimana individu merasakan ketegangan fisik maupun psikologis yang terjadi ketika individu terbebani akan tuntutan akademik secara eksternal maupun internal. Pada penelitian ini akan menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana gambaran stres akademik pada mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2018 IAIN Salatiga; 2) Bagaimana gambaran mindfulness pada mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2018 IAIN Salatiga; 3) Apakah mindfulness berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa program studi Psikologi Islam IAIN Salatiga angkatan 2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif korelasional dengan melihat hubungan variabel terhadap objek yang bersifat sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah angkatan 2018 dengan sampel yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner berupa Skala Stres Akademik dan Skala Mindfulness yang disusun sendiri. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik regresi linier sederhana yang sebelumnya melewati beberapa uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran stres akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Islam angkatan 2018 yaitu 51 dari 80 mahasiswa mengalami stres akademik kategori sedang, 13 mahasiswa mengalami stres akademik kategori rendah, dan 16 mahasiswa mengalami stres akademik kategori tinggi; 2) Gambaran mindfulness pada mahasiswa Program Studi Psikologi Islam angkatan 2018 yaitu 51 dari 80 mahasiswa memiliki kemampuan mindfulness sedang, 14 mahasiswa memiliki kemampuan mindfulness rendah, dan 15 mahasiswa memiliki kemampuan mindfulness tinggi; 3) Terdapat pengaruh mindfulness terhadap stres akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN Salatiga angkatan 2018 dengan arah negatif, yang dapat diartikan semakin terjadinya peningkatan mindfulness pada mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2018, maka terjadi penurunan terhadap stres akademik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 17:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 10:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15080 |
Actions (login required)
View Item |